Sunday, November 13, 2016

7 Kulit Hewan Unik Yang Dijadikan Produk Kerajinan. No. 7 Yang Paling Ekslusif


Keranjinan tangan telah menjadi bagian dari kehidupan Manusia, baik dalam hal muamalah (jual-beli), fashion, ataupun sekedar sebagai hiasan menjadi karya seni. Kerajinan tangan yang sering dibentuk adalah kerajinan tas, dompet, baju, lukisan, dan sebagainya. 



Bahan-bahan yang digunakanpun beragam macam, ada yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan seperti rotan dan daun, ada yang terbuat dari bahan daur ulang seperti pelastik, dan ada juga yang terbuat dari kulit-kulit hewan.

Nah dalam hal ini kita akan membahas kulit-kulit hewan apa sajakah yang dijadikan sebagai kerajinan, bagaimana ciri-ciri kulit hewan tersebut, dan produk apa sajakah yang dihasilkan. Simak 7 kulit-kulit hewan unik yang dijadikan kerajinan tangan.



1. Kulit Sapi

mibebi.com/kulit sapi.jpg
Sumber: ikea.com




















mibebi.com/tas kulit sapi
Sumber: https//www.anekataskulit.com/
Kulit hewan ini adalah kulit yang paling umum digunakan. Dengan jumlahnya yang berlimpah dan memiliki sifatnya yang kuat dan tahan lama, kulit ini sering dijadikan bahan andalan untuk dijadikan kerjajinan. Karakteristiknya yang tampak seperti bantalan-bantalan kecil yang timbul menjadi kelebihan tersendiri bagi kulit ini. Dari kelebihan tersebut kulit ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan dompet, tas, sepatu, ikat pinggang, dan sebagainya. Kulit sapi dijual per kilo gram dengan harga antara Rp. 15.000 sampai Rp. 18.000.
Selain dijadikan sebagai kerajinan, kulit ini juga turut dijadikan sebagai bahan masakan kuliner.. Nyam nyam..:)



2. Kulit Kambing

mibebi.com/kulit kambing
Sumber: loveyourleather.ca
  



















mibebi.com/kursi kulit kambing
Sumber: fjb.kaskus.co.id

Kulit kambing juga termasuk yang umum digunakan masyarakat, baik dalam kerajinan atau kuliner.Kulit kambing juga memiliki bahan yang cukup kuat namun juga cukup halus. Kerajinan yang
biasanya dibuat dari kulit kambing biasanya adalah karpet, kursi, tas, sarung tangan dan sebagainya. Harga kulit kambing ini dihitung perlembar, yakni antara Rp. 36.000 sampai dengan Rp. 40.000 per lembar.



 
3. Kulit Domba

mibebi.com/kulit domba
Sumber: stylehive.com
mibebi.com/jaket kulit domba
Sumber: jaketkulitg99.com
Kulit domba lebih berbeda dengan kulit kambing ataupun kulit sapi. Kulit domba memiliki tekstur yang lebih halus dibanding kulit kambing, dan juga lebih halus dan ringan. Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut kulit domba memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki tekstur yang kuat, jadi kulit domba biasanya hanya digunakan untuk membuat baju, jaket, ataupun kerajinan yang tidak membutuhkan tekstur yang kuat. Harga kulit domba terbilang lebih mahal dari kulit kambing dan kulit sapi. Harganya antara Rp. 31.000 sampai Rp. 35.000 per kaki kuadrat. Hmm cukup mahal ya..



 4. Kulit Buaya


mibebi.com/kulit buaya
Sumber: 123rf.com












mibebi.com/dompet kulit buaya
Sumber: terapeak.com


Ini dia kulit yang terbilang cukup mahal, kulit buaya. Harga dari kulit buaya ini sangat mahal bahkan sampai Rp. 200.000  sampai Rp. 750.000 per inci. Cukup bahkan terbilang sangat mahal jika dibanding kulit-kulit yang lain, mungkin dikarenakan kulit ini terkesan mewah dan elegan. Kulit buaya ini umumnya digunakan menjadi bahan pembuatan tas, baju, sepatu, dompet dan sebagainya.






5. Kulit Ular

mibebi.com/kulit ular
Sumber: wallpoper.com














mibebi.com/tas kulit ular
Sumber: griyakulitular.com
Kulit ular terbilang kulit yang paling eksotis, dikarenakan motif-motif dari kulit hewan ular ini yang berbagai macam bentuknya. Kulit reptil ini bertekstur lembut dan sangat tipis, mengakibatkan daya tahannya yang tidak begitu kuat. Coraknya yang begitu unik dan indah membuatnya menjadi bahan pembuatan produk kerajinan yang cukup diminati oleh orang-orang. Kulit hewan ini biasanya dibuat sebagai sepatu, tas, dan dompet. Harganya pun terbilang cukup mahal. Harganya dihitung dengan per lembar kulit. Per lembarnya seukuran 5cm sampai 10cm dengan harga Rp.  35.000, cukup mahal bukan?




6. Kulit Kadal

mibebi.com/kulit kadal
Sumber: id-aliexpress.com














mibebi.com/dompet kulit kadal
Sumber: centralkerajinanbuaya.com


Kadal umumnya dapat ditemukan di gurun, didaerah kering bertempatan disemak-semak. kadal-kadal yang dimaksud ialah seperti kadal iguana, komodo, biawak dan semacamnya yang kulitnya diambil untuk dijadikan kerajinan. Harga kulit kadal sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 65.000. Kerajinan yang dihasilkanpun sama dengan kerajinan yang dihasilkan reptil lainnya yaitu tas, dompet, jaket, ataupun sepatu.







7. Kulit Macan

mibebi.com/sepatu kulit macan
Sumber: 123rf.com













Sumber: tokopedia.com
Kulit hewan satu ini terbilang juga unik, karna memiliki tutul-tutul bintik berwarna hitam ataupun garis loreng-loreng hitam dan berwarna dasar kuning atau oranye. Kulit ini terbilang halus dan lembut dan cukup kuat, namun dengan harga yang dipatok sangat mahal. Hanya dengan panjang 85 cm saja harganya bisa sampai Rp. 20.000.000 dan itupun baru sebatas kulitnya saja, belum dibentuk menjadi kerajinan. Kerajinan yang dibentuk bisa berupa sepatu, scarf, jaket ataupun dompet.





Tentu saja masih banyak lagi kulit-kulit hewan yang dapat dijadikan bahan kerajinan tangan, namun perlu kita ketahui hewan juga adalah makhluk hidup yang perlu dilestarikan dan dilindungi. Jadi sudah sepatutnya kita memakai kulit hewan seperlunya saja dan tidak menyebabkan suatu hewan hingga punah karena penggunaan kulitnya. Lebih baik menggunaan kulit hewan yang jumlah populasinya cukup banyak sehingga tidak menyebabkan kepunahan. Kulit-kulit yang dibentuk kerajinan juga tentu akan memberikan kualitas produk yang berbeda-beda tergantuk jenis kulit yang digunakan.
Sumber: hms2071ratna.wordpress.com
 




 

No comments:

Post a Comment