Saturday, December 17, 2016

5 Bahan-Bahan Terbaik Dalam Membuat Tas Handmade

Berikut beberapa bahan utama yang baik digunakan dalam membuat tas handmade :

5. Bahan Plastik


Tas berbahan plastik ini masih sering kita jumpai, mungkin salah satu alasannya dapat bertahan lama atau awet karena pada dasarnya bahan plastik sulit dicerna oleh alam hingga bertahun-tahun. Dari itu, plastik harus dimanfaatkan kembali atau di daur ulang supaya tidak merusak lingkungan.

4. Bahan Kain Jerami


Terbuat dari rotan yang dianyam menggunakan tangan (handmade), biasanya digunakan pada tas musim panas, tas pantai, atau keranjang piknik. Sifatnya yang menyerap air menyebabkan tas yang dilapisi kain jerami ini mudah rusak jika terkena air.

3. Bahan Denim/ Jeans


Denim merupakan material kain yang kokoh terbuat dari katun twill. Teksturnya mirip karpet namun lebih tipis dan halus. Bahan denim umumnya digunakan dalam pembuatan celana, seiring berkembangnya zaman kini digunakan juga dalam pembuatan tas denim yang keren dan trendi. Selain dari ketahanannya (awet), kelebihan dari tas berbahan jeans ini yaitu mudah dibersihan dengan dicuci.

2. Bahan Polyester


Salah satu jenis bahan yang termasuk polyster yaitu dinier, bahan jenis polyester fabric yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ransel, tas laptop dan lain sebagainya. Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang bersifat durable dan tahan lama. Type lainnya dari jenis ini yaitu Dolby, jenis polyester fabric ini harganya diatas dinier, sering digunakan untuk tas ransel atau gym/fitness bag, terkesan nampak lebih glossy (mengkilap) dan waterproof. Bahan atau kain polyster yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas, bahan mudah terbakar sama halnya dengan kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.

1. Bahan Kulit


Bahan kulit sudah umum menjadi bahan dasar untuk pembuatan sebuah tas.kulit yang biasanya digunakan utuk membuat tas yaitu bisa berasal dari kulit ular, kulit buaya, kulit sapi, kulit kambing dan lainnya. Harga tas dengan bahan kulit jauh lebih mahal dibandingkan dengan tas berbahan kain. Bahan Kulit itu sendiri ada yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis. Kalo kulit asli, harganya lebih mahal dibanding yang sintetis. Cara membedakan kulit asli dengan sintetis dapat dilihat dari fisik tampilannya. Kulit asli permukaanya tidak rata, pori-porinya tidak beraturan dan tidak konsisten karena memang alami. Sedangkan untuk kulit sintetis atau imitasi permukaanya cenderung rata dan teratur.

Sekian artikelnya ya. Yuk di check artikel Mibebi. :)


No comments:

Post a Comment