Sunday, December 18, 2016

6 Jenis dan Perbedaan Tas (Part II)

Masih penasaran dengan jenis dan perbedaan tas ? Artikel ini merupakan lanjutan dari  6 Jenis dan Perbedaan Tas (Part I) . Baiklah, langsung saja kita simak part 2-nya.


    3.    Messenger / sling bag (tas selempang)
Sumber: qlapa.com

Tas ini juga mestinya cukup umum kamu temui. Tas ini punya strap bahu yang lumayan panjang untuk digantung di bahumu atau bisa juga disilangkan di badan. Ini membuatmu bisa mengambil suatu barang di dalam tas ini dengan lebih praktis dan mudah, yang memang merupakan keunggulan tas ini. Dibandingkan dengan tas ransel, ukuran tas selempang umumnya tidak begitu besar, yang memang masuk akal karena kamu tidak harus membawa beban yang sangat banyak dan berat dan merusak sebelah bahumu dengan tas ini. Tas ini juga umumnya punya dua kompartmen, satu kompartmen utama yang memiliki tempat penyimpanan yang luas, dan satu kompartmen tambahan di depannya yang tidak terlalu kecil.

Tas ini cocok dibawa jalan-jalan karena lebih ringan dan praktis. Tapi sekarang ini ada juga variasi tas selempang yang dibuat agar cocok untuk dibawa kerja (dengan menambah pegangan tangan di bagian atas serta slot untuk laptop). Jika kamu menggunakan tas ini untuk bekerja, jangan mengisi tasnya sampai terlalu berat.
Sama dengan tas ransel, tas ini cocok untuk siapapun (unisex), tergantung dari model dan warna atau coraknya. Tas ini juga umumnya dibuat dengan bahan dasar kain polyester, dan untuk tas selempang handamde biasanya dibuat dengan kanvas, denim, atau kulit.
    4.    Tote bag
Sumber: qlapa.com

Tote bag merupakan sebuah tas tangan yang ukurannya lumayan besar. Tapi, selain ukuran, tote bag juga punya ciri khas yaitu hanya punya satu tempat penyimpanan utama yang terbuka dan yang pasti tidak bisa ditutup. Walaupun bisa ditutup, itu hanya dengan velcro kecil di tengah (yang jelas tidak menutup apapun). Selain itu, karena cukup luas, bagian luar tote bag ini biasanya dijadikan ‘kanvas’ tersendiri oleh pemiliknya. Jadi, jangan kaget kalau kamu sering menemui tote bag dengan desain luar yang menarik.
Tote bag digunakan untuk beberapa macam kegunaan tergantung keinginan pemiliknya. Ada yang menggunakannya untuk jalan-jalan, keja, ke gym, ke sekolah, dan sebagainya. Yang jelas, pastikan kamu bisa menjaga isinya dengan penuh kehati-hatian.
Tote bag yang umumnya cocok untuk pria maupun wanita dan umumnya dibuat dari bahan dasar yang cukup kuat seperti kanvas. Tapi ada juga tote bag yang lebih modis dan elegan menggunakan bahan kulit dan lebih cocok untuk wanita.


    5.    Handbag (tas tangan)
Sumber: qlapa.com

Dibandingkan tote bag, tas tangan umumnya berukuran lebih kecil. Selain itu, tempat penyimpanan pada tas tangan juga bisa ditutup atau disegel, serta biasanya memiliki slot atau kompartmen tambahan baik di dalam maupun di luar kompartmen utamanya.
Karena ukurannya yang kecil, tas tangan hanya cocok digunakan untuk jalan-jalan atau acara-acara tertentu. Tas tangan umumnya diperuntukkan khusus untuk wanita (kalaupun ada, tapi tas tangan untuk pria tidak banyak). Lalu, karena umumnya dipakai untuk acara-acara tertentu seperti pesta, tas tangan biasanya terbuat dari bahan dasar yang elegan atau eksotis seperti kulit (mulai dari kulit sapi sampai kulit ular dan buaya yang mahal), atau kain yang dibuat atau didesain sedemikian.
    6.    Clutch
Sumber: qlapa.com

Clutch merupakan versi tas tangan yang lebih kecil lagi. Saking kecilnya, clutch malah lebih cocok disebut dompet panjang wanita yang ukurannya sedikit lebih besar. Selain itu, tas ini juga hanya punya satu tempat penyimpanan utama, dan umumnya tidak punya pegangan sama sekali.
Tapi terlepas dari size nya yang lebih kecil, fungsi dan kegunaan clutch sebenarnya tidak berbeda dari tas tangan pada umumnya, yaitu untuk pesta dan acara-acara tertentu. Selain itu, clutch juga umumnya didesain khusus untuk wanita dan terbuat dari bahan-bahan dasar yang elegan dan berkelas seperti kulit. 

jangan lupa baca artikel sebelumnya  disini
jangan lupa baca juga artikel lainnya disini

No comments:

Post a Comment