Tuesday, December 6, 2016

Beberapa Tips Merawat Tas Handmade Sesuai Jenis Bahannya 2

Oke ini dia artikel lanjutan tips merawat tas handmade,langsung saja kita bahas :



1. Tips Merawat Tas Handmade berbahan Kanvas
Tas berbahan kanvas sangat bagus dan simple. Kelebihan lainnya dari bahan dasarbahan kanvas pada tas yaitu cukup kuat dan tahan lama, sehingga banyak digunakan dengan bahan lain pada finishing produksi tas. Dari kreasi tersebut telah menjadi kegemaran masyarakat pada saat ini. Untuk membersihkan noda pada tas bahankanvar tas ini yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memasukan kertas ke dalam bagian utama tas. Hal ini akan menjaga bentuk tas sementara kamu membersihkan tas bagian luar. Isi baskom dengan air dingin lalu masukkan kain lembut di dalam air dan peras. letakkan tas dengan sudut 45 derajat. usap dan tutul secara lembut seluruh sisi tas dengan kain basah. Jangan menggosok kanvas, sebaliknya, oleskan dengan lembut. Ini akan mengangkat beberapa kotoran yang terjebak. Tambahkan setetes sampo bayi pada kain. Remas-remas kain hingga membentuk busa, kemudian usapkan seluruh sisi lembab dari tas kanvas anda dengan busa tersebut. Bilas dan peras kain dengan baik. Jangan gunakan air yang tergenang,gunakan air yang mengalir untuk menghilangkan sabun yang tersisa dari kain. Setelah kain bersih, usap dan tutul lagi bagian noda untuk menghapus sisa sampo yang tersisa. Letakkan tas dalam kondisi tegak lurus. Biarkan hingga kering semalam atau selama kira-kira lima sampai enam jam. Setelah tas kering, keluarkan kertas-kertas yang terdapat dalam tas.




2.    Tips Merawat Tas Handmade berbahan SUTRA & SATEEN
Tas kain dengan batu mulia, manik-manik, atau ornamen biasanya lebih sulit dibersihkan, apalagi saat terkena noda. Jangan bersihkan sendiri tas kain jenis ini karena bisa merusak warna dan ornamennya. Sebaiknya, cari tukang tas yang bisa membersihkannya. Tapi, Anda tetap bisa menjaga dan merawatnya. Simpan tas dalam kantong khusus yang sepaket saat awal membelinya. Untuk menjaga bentuknya, masukkan serpihan kertas atau tisu ke dalam tas. Simpan pada posisi tegak lurus atau digantung bersama wadahnya.
Untuk membersihkan noda gunakan air hangat dan sabun lembut pada kain bersih untuk membersihkan noda yang paling umum. Jika ingin menggunakan bahan kimia penghilang noda, harap untuk benar-benar diuji dan dicek secara hati-hati sebelum menggunakannya untuk menghindari variasi tidak terkendali sebagai reaksi material. Tas malam harus ditangani dengan perawatan khusus, dikarenakan terbuat oleh bahan yang halus dan hanya dapat dibersihkan dengan pencucian secara cuci kering (dry cleaning). Jangan merendam tas kain Anda dalam air hangat maupun biasa karena akan menyusutkan lapisan dalam menyebabkan ia mengerut. Jika tidak, Anda bisa juga membersihkannya dengan air hangat dan sedikit detergent. Pastikan jangan mencucinya dengan cara gosok dengan sikat apapun, cukup kucek sedikit sampai noda hilang.

Jangan lupa baca artikel sebelumnya disini
Dan jangan lupa juga baca artikel lainnya disini 

No comments:

Post a Comment