Tuesday, December 20, 2016

Cara Mencuci Batik dengan Benar

Taukah anda jika batik mempunyai cara khusus dalam pencuciannya? 

Batik, merupakan sebuah karya anak bangsa yang sudah terkenal dimanapun. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Sudah banyak orang yang memakainya, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam acara resmi.



Namin, taukah anda, sebenarnya mencuci batik itu mempunyai cara tersendiri. Ada cara khusus dalam pencucian batik itu yang membuat batik anda awet dan tidak luntur.

Nahh....

Maka dari itu, di kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencuci batik dengan benar

1. Jangan Pakai Detergen saat Mencucinya


Detergen ini berbahan keras yang kurang aman untuk mencuci batik anda. Detergen dapat merusak serat kain batik anda dan nanti akan berpengaruh pada warna kain batik tersebut.



2. Cuci Batik dengan Lerak


Lerak ini merupakan cairan khusus untuk mencuci batik. Gunakan lerak bukannya detergen dalam mencuci batik. Lerak di pasaran ada dari berbagai merk dan ukuran. biasanya dijual di toko-toko batik.

3. Jangan Cuci Dengan Mesin Cuci


Gunakanlah kekuatan tanganmu sendiri dalam mencuci kain batik ini. Mencucinya dengan mesin cuci hanya dapat membahayakan serat kain batik yang memang sudah rawan ini.

4. Jangan Diperas Setelah dicuci


Ini juga penting, setelah mencuci jangan diperas untuk menghilangkan air-airnya.. Cukup langsung di tiriskan di jemuran saja. Memeras bisa merusak kain batikmu

5. Jemur di Tempat yang Teduh, Bukan Tempat yang Panas


Menjemur di tempat yang panas hanya akan merusak warna dari kain batik anda. Cukup di angin-anginkan saja di tempat yang teduh agar warna dari batik anda bisa lebih awet.

Sekiranya, itu cara mencuci batik yang benar dari saya. Bagi anda yang mungkin masih salah dalam mencucinya, perbaiki agar baju batik anda selalu terlihat bagus, dan awet.

No comments:

Post a Comment