Tuesday, December 20, 2016

CARA MENGATUR ISI DOMPET UNTUK TERLIHAT RAPI

Penampilan dompet Anda boleh keren dan bagus, tapi gimana dengan penataan isinya? Apakah Anda suka sembarangan memasukkan uang, struk belanja, dan kartu ke dalam dompet? Hmm… sepertinya Anda perlu menata ulang isi dompet, karena isi dompet yang berantakan bisa bikib Anda jadi boros. Nah, sebaiknya Anda keluarkan dulu semua isi dalam dompet, kemudian mengatur isi dompet seperti ini:

menata isi dompet
mengatur isi dompet


1. Bawa pecahan besar

Membawa uang dalam pecahan besar ternyata membantu Anda berhemat. Kok bisa? University of Maryland, dalam sebuah studinya, mengungkapkan bahwa orang akan berpikir dua kali saat akan mengeluarkan untuk belanja uang dalam pecahan besar (wolipop.detik.com). Misalnya Anda ingin membeli sesuatu yang harganya 20 ribu dengan uang pecahan 100 ribu, kemungkinan besar kamu merasa tidak rela membelanjakan uang itu. Sementara dengan uang pecahan kecil, kamu cenderung lebih mudah menghabiskan untuk belanja.

2. Bersihkan setiap celah dan saku

Buang semua kotoran yang terselip di tiap celah dan saku dompet, seperti tisu, kertas, atau bungkus permen.

3. Atur posisi uang kertas

Ini yang sering disepelekan, samaratakan posisi gambar uang kertas di dalam saku dompet. Selain memudahkan Anda mengenali nominal uang, ini juga akan membuat isi dompet Anda tampak lebih rapi dan menarik.

4. Urutkan nominal uang

Supaya lebih mudah dan cepat mengambil uang ketika dibutuhkan, urutkanlah nominal uang dari yang terkecil sampai yang terbesar. Jika dompet Anda memiliki beberapa saku, kamu bisa memilah nominal besar dan kecil, misalnya satu saku khusus untuk 50 ribuan atau 20 ribuan.

5. Pisahkan uang kembalian

Siapkan saku khusus untuk menyimpan uang kembalian. Kenapa? Ini adalah cara sederhana untuk mengontrol setiap pengeluaran Anda. Perlakukan uang kembalian ini seperti tabungan Anda, jangan dibelanjakan.

6. Bawa kartu seperlunya

Kartu apa saja: ATM, kartu nama, kartu kredit, kartu member, tidak perlu kamu bawa semuanya kemana-mana sehingga dompet Anda penuh sesak. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan kartu-kartu tersebut ketika sedang tidak dibawa. kamu cuma perlu membawa kartu yang diperlukan sesuai tujuan Anda bepergian.

7. Simpan struk di tempat terpisah

Menyimpan struk belanjaan memang sangat diperlukan digunakan untuk mencatat kembali pengeluaran Anda. Namun ada baiknya Anda tidak mencampur kertas struk dengan uang dalam dompet. Simpan struk di saku khusus atau di tempat lain di luar dompet. Jangan lupa untuk membuang struk lama yang sudah dicatat.

8. Lakukan penataan ulang

Nah, Anda harus rutin membersihkan dan menata ulang isi dompet Anda paling tidak seminggu sekali. Anda bisa melakukannya sambil mencatat dan merencanakan pengeluaran Anda.

9. Pisahkan uang koin

Sebaiknya Anda punya satu dompet kecil untuk menyimpan uang koin agar dompet Anda tidak menggelembung terlalu tebal. Ini juga akan memudahkan kamu mengambil uang koin saat dibutuhkan.

selamat mencoba!!.

No comments:

Post a Comment