Monday, December 19, 2016

Cara Menghargai Karya Handmade Secara Bisnis Ala “Erix Soekamti”



Handmade itu kategorinya karyaseni banyak menyerap tenaga. Karena di situ yang bikin manusia melibatkan rasa dan jiwa manusia kerjanya pakai tenanga, waktu dan dedikasi. Bukan mengunakan mesin yang sudah di program sedemikian rupa untuk membuat suatu karya yang tidak memiliki rasa dan jiwa. Selain itu handmade itu sifat nya unik, anatar barang satu dan barang dua ngak mungkin sama.


 Nilai karya seni di tentukan oleh tiga hal

1.       Bahan Dasar

Faktor pertama yang paling mudah dan harus kamu perhitungkan adalah bahan. Catat apa saja bahan yang kamu gunakan untuk membuat satu produk, dan seberapa banyak kamu menggunakannya. Kemudian, cari tahu dan catat berapa harga dari tiap-tiap bahan tersebut, lalu jumlahkan.

2.       Jasa

Membuat, mengelola, dan menjual produk handmade memerlukan waktu dan tenaga. Kamu harus memperhitungkan langkah apa saja yang harus kamu tempuh agar satu produk yang kamu buat siap untuk dijual. Berapa lama waktu yang diperlukan agar produk tersebut siap dijual? Lalu, seberapa banyak ‘gaji’ yang kamu ingin berikan untuk orang yang melakukan tugas itu? Dari situ, kamu bisa menghitung berapa biaya waktu dan tenaga yang diperlukan untuk tiap produk.

3.       Brand Valeu

Nama merupakan hal yang sangat menentukan harga suatu karya. Mualai dari nama yang membuat karya hingga nama yang mempunyai karya sangatlah berpengaruh dalam faktor menentukan harga suatu karya.

ini video ulasan mas Erik Soekamti tentang Cara Menghargai Karya Handmade Secara Bisnis :



No comments:

Post a Comment