Monday, December 19, 2016

Cara Menghitung Harga Jual Produk Handmade

Ternyata dalam bisnis di bidang handmade ga hanya butuh kemampuan mendesain, tetapi harus mempunyai strategi marketing dan pricing (penentuan harga produk). Mungkin dengan rumus ini dapat membantu anda dalam menentukan hasil karya handmade anda yang sesuai. Sebelum itu anda harus tau tentang harga wholesale dan harga retail. Harga wholesale merupakan harga untuk para retailer yang ingin menjual produk kita lagi. Sedangkan retail adalah harga produk yang ditawarkan ke consument akhir (harga pasar). 

Rumusnya sebagai berikut : 


%ADM x ( M + L + ESF + G ) + PROFIT = WHOLESALE PRICE

WHOLE PRICE x MULTIPLIER = RETAIL PRICE

  • %ADM adalah alokasi persentase biaya administrasi untuk membuat produk kita.
  • M adalah singkatan dari material atau biaya bahan. Semua biaya yang digunakan untuk membuat produk kita tersebut.
  • L adalah singkatan dari Labour atau biaya tenaga kerja adalah Rp per satuan waktu. Contohnya untuk 1 produk dibutuhkan 10 jam dimana harga per jam kita patok 10 ribu. Makanya produk tersebut nilai L nya adalah 100 ribu. Dimana biaya tenaga kerja itu meliputi proses desain, merangkai, quality control, dan lain-lain.
  • ESP adalah singkatan dari Emotional Stress Factor atau biaya stress. Ini merupakan variabel yang tidak wajib. Namun jika menurut kamu tingkat kerumitan produk yang Kanu buat sangat ribet maka jangan lupakan variabel ini. 
  • G adalah singkatan dari Genius, maksudnya biaya kejeniusan kita dalam membuat produk tersebut. Ini juga merupakan variabel opsional. Namun jika menurut kamu tingkat kecemerlangan akan produk yang kamu buat sangat berharga, jangan lupakan variabel ini juga guys.
  • Dan yang terakhir adalah Profit, yang merupakan alokasi kita untuk laba.
Nah guys kira-kira gitu guys caranya. Tapi rumus ini ga baku ya guys. Kalian dapat menambahkan variabel-variabel lainnya yang menurut anda baik untuk di tambahkan, atau mengurangi variabel diatas yang menurut anda tidak perlu.

Sekian artikelnya ya guys. Yuk check artikel Mibebi lainnya.




No comments:

Post a Comment