Monday, December 19, 2016

Cara Mengukur Ukuran Sepatu agar Pas di Kaki


Bagi pengemar belanja online tau persis rasanya mengetahuai barang yang kita beli tidak sesuai dengan ukuran badan. Lebih celakanya, ketika kamu tidak bias menukar barang tersebut karena tidak ada dalam perjanjian jual beli yang kamu lakukan.

Kalo baju gampang. Masih bias kamu bawa ke tukang jahit, bias dibesarkan atau dikecilkan sesuai ukuran badan. Namun giamana yang kamu beli adalah sepatu. Hal ini tidak mungkin dilakukan. Alahasil sepatu yang sangat kamu tunggu tunggu itu hanya bias jadi pajangan di rak sepatu.

Untuk menghidari hail itu adabaiknya mulai sekarang mempelajari bagaimana cara mencocokan ukuran kaki dan ukuran sepatu yang dicantumkan produsen dalam keterangan produk mereka. Tentu saja kamu harus tau cara mengukur sepatu agar pas dikaki. Bukan hanya panjang dan kaki ata lebar kakimu harus di perhatikan secara detail supaya mendapatkan sepatu atau sandal yang nyaman. Berikut langkah nya.

1.       Cari Bidang Datar yang Rata untuk Mengukur


Jangan berpikir sedikit pun untuk mengukur pan jang ataupun lebar kakimu di atas tempat tidur ataupun karpet. Kedua tempat ini tidak cukup rata dan datar guna menghasilkan ukuran kakimu yang tertepat. Jadi, ketika hendak mencari cara mengukur ukuran sepatu, lebih baik meletakkan kakimu di bidang yang rata, seperti lantai. Siapkan kertas, pulpen, serta penggaris atau meteran sebagai perlengkapan mengukurnya.

2.       Jangan Memakai Kaus Kaki Apalagi Alas Kaki Lainnya

Sebelum mengukur pastikan kakimu dalam keadaan telanjang. Hindari melakukan pengukuran dengan masih memakai kaus kaki karena akan berpengaruh pada hasil ukuran panjang dan lebar kaki Anda. Ingat maslah ukuran sepatu bukanhanya kekecilan. Kebesaran juga sangat mengganggu kenyaman pemakaian sepatu.


3.       Buat Sketsa Ukuran Kakimu

Caranya simple, kamu hanya perlu menaruhkan kakimu diatas kertas setelah itu, gambar bentuk kakimu di atas kertas. Ikuti bentuk kakimu agar mehasilkan gambar yang mendekati serupa dengan kakimu. Pengukuran dilakukan di kedua kaki, sebab kebanyakan orang memiliki panjang atau lebar berbeda antara kaki kiri dan kaki kanan. Lalu pilih ukuran yang paling besar untuk menentukan nomor sepatu yang hendak kamu pesan.






4.       Perbandingkan Ukuran Kaki dengan Nomor Sepatu

Setelah mendapatkan ukuran panjang dan lebar kakimu, segera cocokkan ukuran yang sudah kamu dapat dengan ukuran panjang standar alas kaki di produsen-produsen sepatu. Berikut ini adalah perbandingan ukuran kaki dalam sentimeter dengan ukuran nomor alas kaki yang sesuai standar pada umumnya. Pada dasarnya, ukuran nomor sepatu atau sandal berbeda juga antara pria dan wanita.

Ukuran Kaki Pria (cm): Nomor Alas Kaki

23,5 : 38
24,5 : 39
25 : 40
26 : 41
26,5 : 42
27,5 : 43
28 : 44
29 : 45
29,5 : 46
30,5 : 47
Ukuran Kaki Wanita (cm): Nomor Alas Kaki

21,5 : 34
22 : 35
22,5 : 36
23 : 37
23,5 : 38
24 : 39
25 : 40
26 : 41
26,5 : 42

Selain panjang kaki, kamu juga harus saksama mengukur lebar kakimu. Kebanyakan produsen memang tidak mencantumkan ukuran nomor lebar kaki untuk alas kakinya. Namun, ini akan sangat berguna jika kamu memesan sepatu atau sandal custom. Secara umum, ada empat ukuran lebar kaki yang biasa dipakai para pengrajin alas kaki custom; yakni langsing, normal, lebar, dan sangat lebar. Untuk ukurannya sendiri, belum ada standar yang baku hingga kini. Hanya saja, para pengrajin biasanya sudah paham kok jika kamu menyebutkan salah satu ukuran tersebut.


Tidak sulit bukan menentukan ukuran sepatu kamu sesuai dengan panjang dan lebar kaki mu.

No comments:

Post a Comment