Monday, December 19, 2016

Tips & Trik Merawat Jam Tangan Kayu


Di indonesia lagi ngehitz jam tangan kayu produk handmade Indonesia. Sekarang jam tangan tak hanya di gunakan sebagai penujuk waktu namun juga sebagai fashion yang dapat mempengaruhi penampilan si pemakainya.

Meskipun peminatnya cukup banyak, masih banyak yang belum mengerti cara merawat jam tangan berbahan dasar kayu. Karena materailnya yang tidak biasa maka cara perawatanya juga berbeda dan tidak biasa. Jika tidak terawat maka jam tangan  kuyu bias rentan terhadap jamur dan mudah patah. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi. Nah berikut beberapa tips merawat jam tangan kayu.

1.       Sesuaikan dengan Aktivitas dan Kondisi

Pakailah jam tangan kayumu dengan kegiatan kegiatan yang sekiranya bias merusak jam tangan kayumu. Lebih baik menghindari kemungkinan terjadi nya ‘bencana’ yang akan merusak jam tangan kayumu.

2.       Hindari Keadaan Lembap

Kebanyakan jam tanagan kayu belum dilengkapi dengan water resistant, untuk itu kamu harus pintar pintar dalam perawatan mulai dari pemakaian hingga penyimpanan. Jangan sampai terkena air apalagi hujan, karena jam tangan kayu mu akan cepat rusak. Terlebih lagu jam mu akan rentan terhadap jamur dan akhirnya akan rusak.












3.       Gunakan Kemiri Agar Tekstur Jam Tangan Kayu Tetap Lembut

Minyak kemiri bisa digunakan untuk mempercantik tampilan kayu, jam tangan kayumu. Jika warna jam tangan kayu mu cendrung gelap, maka bakar biji kemiri secukupnya lalu haluskan dan bungkus kemiri dengan kain bersih kemudian gosokkan pada seluruh permukaan jam tangan kayumu. Sedikit berbeda jika jamtangan kayumu memiliki warna terang. Maka kamu cukup menghaluskanya saja tanpa dibakar terlebih dahulu. Biarkan hingga kering dengan cara diangin anginin.

4.       Gosokan Jerun Nipis

Tak hanya terkenal sebagai zat yang dapat menghilangkan lemak membandel pada piring kotor, jeruk nipis rupanya dapat membuat jam tangan kayumu tampak mengkilat dan seakan terlihat baru kembali.

Caranya campurkan segelas air bersih dengan perasan air jeruk nipis dan dua sendok minyak goring. Siapkan lap bersih dan celupkan pada larutan tersebut. Gosokkan lap yang sudah dibasahi larutan jeruk nipis pada seluruh bagian jam tangan hingga terlihat mengkilat.

5.       Hindari Matahri Secara Langsung

Meski sejak awal jam tangan kayu harus ditempatkan dalam keadaan kering, bukan berarti kamu meletakkannya dibawah sinar matahari langsung ya. Cahaya matahari yang terik dapat merusak kualitas kayu yang menjadi bahan utama jam tangan kesayanganmu. Akibatnya jam tangan kayumu bisa mudah retak atau patah. Tak hanya itu saja, cahaya matahari dapat membuat tampilan jam tangan kayumu menjadi kusam.


Memilik barang barang unik tidak mudah untuk merawatnya.  Apalagi jam tangan yang berbahan kayu. Bahan baku nya sedikit sulut untuk dirawat. 

No comments:

Post a Comment