Friday, December 16, 2016

5 Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai Jenis Bahan



Assalamualaikum ukhti..
Hallo...  penulis kembali lagi dengan artikel terkait hijab. Edisi kalia ini penulis akan membahas tips yang bisa kalian gunakan untuk merawat hijab kalian. Tentu kebanyakan kalian banyak yang tidak mengetahui bagaimana merawat jilbab kalian kan.. apalagi kalo jilbab yang kita miliki berbeda beda jenisnya.. so kita harus hati hati bukan.  Kalian juga pasti gag mau jilbab kalian rusak dengan mudah kan.. so, penulis nih ngasih beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk berbagai jenis bahan /bentuk hijab. Mari kita simak tipsnya

1.       Untuk jilbab paris atau katun

Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai  Jenis Bahan

Untuk pencucian jilbab katun atau paris, pastikan dulu jilbab yang biasa anda kenaka luntur atau tidak. Jika luntur maka jangan cuci bebarengan dengan jilbab yang lainnya. Karena bisa merubah warna hijab. Dianjurkan tidak mencuci dengan mesin cuci sebab serat kainnya bisa mudah rusak. Saat penjemuran juga hindari dengan matahari langsung supaya warna tetap terjaga. Penggunaan jilab paris atau katun disarankan tidak menggunakan peniti, karena bisa merusak bahan. Disarankan dengan jarum pentul. Untuk penyetrikaannya bisa dengan suhu panas maupun tidak. Penyimpanan dilemari juga cukup dilipat. Tapi untuk penyimpanan digantung juga bisa.

2.       Untuk jilbab yang punya payet

Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai  Jenis Bahan

Cara perawatan jenis jilab yang ada payetnya dalah dengan mencuci krudung memakai sampo. Sebab menggunakan sabun cuci yang keras bisa merusak warna payet. Tidak diperbolehkan untuk menyikat atau mengkucek bagian payet, karena selain tangan bis aterluka, payet juga bisa rusak. Jika kerudung penuh dengan payet, simpanlah kerudung dengan cara melipat dan jangan digantung. Sebab digantung bisa merusak bentuk payet.

3.       Untuk jilbab yang dibordir

Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai  Jenis Bahan

Cara penyuciannya cukup dikucek dengan pelan saja. Jangan dimasukkan mesin cuci juga karena ditakutkan bordiran bisa rusak. Untuk penyetrikaannya untuk menghindari bagian yang ada bordirannya .

4.       Ciput atau daleman krudung

Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai  Jenis Bahan

Untuk perawatan pada ciput, pertama perhatikan pet. Ingat ya jangan sampai terlipat.  Cara pencucian ciput cukup dicukek atau direndam terlebih dahulu, tapi jangan dimasukkan mesin cuci yaa..  jangan disetrika dengan suhu yang terlalu panas, karena biasanya ciput bahan karet dan mudah melar jika terlalu panas setrikanya. Penyimpanannya mudah saja dilipat dan jika ada pet, jngan sampai pet terlipat.

5.       Untuk ilbab instan/bergo

Tips Merawat Jilbab Dengan Efisien Sesuai  Jenis Bahan

Cara pencucian jilbab instan atau bergo cukup dicelum celupakan saja sebab kerudung semacam ini memiliki pet.  Saat mencucinya hindari memerasnya. Menyetrika kerudung ini dengan suhu yang tidak terlalu panas. Dan jangan menyeterika bagian pet. Simpanlah dengan posisi tergulung sehingga petnya tidak ikut terlipat atau tertekuk.

Okey.. sekian dulu artikelnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk stay tune dengan artikel artikel yang selanjutya. Minggu depan bertemu lagi dengan trik memilih bahan hijab sesai bentu wajah. Jangan lupa baca artikel sebelumnya juga yak.. terkait nyaman berhijab cuaca panas, rambut harum walau berhjab, tips dan trik memilih hijab sesuai bentuk wajah, dll.
Wassalamu’alaikum ukhti...

No comments:

Post a Comment